Arsip Blog

Sabtu, 22 Desember 2018

Selamat hari ibu

Ibu 


Ibu,
bunda
mama
mami
emak
inang.

Begitu banyak sebutan bagi seorang ibu.

Ibu siapakah dia sebenarnya ibu. Apakah ibu sebutan bagi seorang wanita yang melahirkan anak, ataukah sebutan bagi seorang perempuan yang menjaga, mengasuh seseoang sehingga dianggap sebagai ibu.  Banyak arti dibalik panggilan ibu.

Wanita//melahirkan//menjaga//mengasuh//merawat//mendidik

Melukiskan sosok ibu melalui kata-kata merupakan hal yang gampang-gampang sulit. Mengapa ? karena bagaimana menjelaskannya ? bagaimana memaparkannya? menjelaskan rasa dan realita.



Pernahkan terbayangkan olehmu, entah itu kamu perempuan ataupun lelaki. Bagaimana cara membawa seseorang dalam rahimnya selama 9 bulan. Tidak hanya  membawanya selamanya 9 bulan, namun menjaga dan memberi nutrisi terbaik. Bagaimana Melukiskan sosok ibu melalui kata-kata merupakan hal yang gampang-gampang sulit. Mengapa ? karena bagaimana menjelaskannya ? bagaimana memaparkannya? menjelaskan rasa dan realita.


Pernahkan terbayangkan olehmu, entah itu kamu perempuan ataupun lelaki. Bagaimana cara membawa seseorang dalam rahimnya selama 9 bulan (yang lelaki cukup bayangin ajah, karena tidak mungkinlah ya kalian mengandung hehehe) Tidak hanya  membawanya selamanya 9 bulan, namun menjaga dan memberi nutrisi terbaik. Bagaimana seorang wanita hamil menjaga moodnya tetap dalam keadaan baik. Belum lagi perubahan fisik dan psikologinya, oh Tuhan, bagaimana ini. Membayangkan saja sudah sulit.

Ia adalah wanita yang selalu ada.
Seorang yang mempertaruhkan segalanya, bahkan nyawanya.
Seorang yang disaat makan mampu membersihkan anaknya bayinya yang menangis karena buang air besar.
Seorang yang mampu menahan laparnya karena anaknya menyukai makanan tersebut dan tinggal satu-satunya.

Bagaimana wanita itu mampu bangun terpagi, menyiapkan keperluan keluarganya, membangunkan keluarganya, memandikan anak-anaknya.
Selesai memandikan, memakaikan seragam sekolah, ia juga membuatkan kopi kesukaan suaminya. Oh Tuhan, kerennya wanita ini.

Bagaimana bisa Engkau membuat ia begitu kuat.
Saat seisi rumahnya terserang flu, ia tetap terjaga dan menyiapkan semuanya (seringkali wanita ini juga sakit,namun kemana perginya rasa sakit itu).

Ia adalah wanita serba bisa seperti yang Engkau tuliskan dalam Kitab Suci
Tuhan Allah berfirman, 

“Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepada dengan dia.” Kejadian 2 : 118

Ya itulah sebabnya mengapa ia begitu kuat, karena wanita dibuat sebagai penolong. Maka semestinyalah ia diberikan kekuatan lebih dalam tanggungjawabnya yang luar biasa.

Karena dalam keanggunanmu, tersimpan ketangguhan dan kecerdasanmu dalam menjaga sebuah kehidupan yang disebut keluarga. Dan engkaulah wanita yang disebut ibu dalam kelangsungan kehidupan keluarga itu. Maya Patricia

Selamat  hari ibu tidak hanya setiap 22 Desember pada tahunnya, namun setiap hari dalam kehidupan. Seorang ibu tidak menjadi ibu hanya 1 tahun sekali, namun setiap waktu dalam tahun berjalan dan yang akan datang. Maka, selamat hari ibu bagi para wanita tangguh dalam setiap keluarga. Terimakasih Tuhan Engkau menciptakan wanita untuk melengkapi sang pria  dan menjadi ibu dalam keluarga.
doc. Maya Patricia


2 komentar:

All you can eat

Hanya makan ?

Makan dan makan Makan merupakan kebutuhan dasar manusia, bahkan ada yang bilang bawa hidup untuk makan. Benarkah, hidup untuk makan ? M...

356 Hari